Sawah Menyala Indah di Malam Hari

Bookmark and Share
Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata sawah? Tak jauh-jauh, mayoritas dari kita akan berpikir tentang hamparan tanaman padi menghijau yang subur. Begitulah gambaran sawah saat siang hari. Lalu jika malam? Hanya satu daerah tanpa pencahayaan baik. Bahkan seringnya, jika sawah-sawah di pedasaan akan sedikit menakutkan jika kita harus melewatinya saat malam. Gelap.

Namun, berbeda dengan area persawahan di Jepang ini. Jepang dikenal dengan ide-ide uniknya melahirkan hal baru. Kini salah satunya adalah sawah dengan menggunakan lampu LED ketika malam hari!

Sawah Menyala Indah di Malam Hari
Sawah ini terletak di Shiroyone Senmaida, Jepang. Sawah ini menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED). Sebanyak 20.000 lampu LED menerangi area persawahan ini dengan tenaga matahari.

Hal ini bertujuan agar sawah lebih menarik di malam hari dan memberikan cahaya bagi warga kota selama 24 jam terus menerus. Walau menerangi secara terus menerus, tapi hal ini bukannya menambah biaya listrik tapi malah mengakibatkan penghematan.

“Sistem penerangan baru ini memberikan cahaya bagi warga kota sesuai kebutuhan mereka dan terus berfungsi dengan aman di kota selama 24 jam. Sistem baru ini juga akan mengurangi tagihan energi hingga mendekati satu juta poundsterling setiap dua tahun. Ini adalah sebuah penghematan yang besar,” kata Ed Argar, anggota Dewan Kota London.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }